Layanan Kami - Jasa Pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM)

Layanan Kami

jasa urus sertifikat hak milikJasapengurusanshm.com adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan SHM atau Sertifikat Hak Milik. Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Sertifikat Hak Milik sehingga Anda memiliki bukti yang sah dimata hukum bahwa tanah tersebut adalah benar-benar milik Anda.
Secara garis besar, layanan kami adalah bertujuan untuk membantu hingga Anda mempunyai sertifikat dengan nama Anda sebagai pemiliknya.

Yang harus Anda lakukan:

  1. Meminta surat keterangan dari pejabat-pejabat lokal terkait seperti surat keterangan yang menyatakan bahwa tanah yang nantinya akan diajukan untuk mendapatkan SHM bukanlah tanah yang sedang dalam sengketa.
  2. Selanjutnya Anda bisa meminta surat rekomendasi dari kepala desa dan camat setempat yang menyatakan bahwa tanah yang dimaksud belum pernah diusulkan atau pernah menjalani proses sertifikasi serta riwayat kepemilikan tanah.
  3. Kemudian Anda bisa melakukan peninjauan lokasi tanah dan pengukuran yang didampingi oleh petugas dari kantor kelurahan hingga bisa dibuat surat yang menyatakan luas serta kondisi tanah. Setelah surat-surat pendukung tersebut lengkap, langkah selanjutnya adalah menyerahkan semua pengurusannya kepada kami.
  4. Proses Untuk mendapatkan sertifikat tanah adalah pembayaran BPHTP atau Pembayaran Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan. Pada proses ini, kami akan membantu Anda dalam mengurus pembayaran serta mengurus survey yang akan dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional setempat. Lalu kami akan menguruskan segala sesuatunya yang berhubungan dengan proses birokrasi untuk mendapatkan sertifikat hingga Anda bisa memiliki sebuah sertifikat sah kepemilikan tanah atas nama Anda.

Memiliki SHM sangatlah penting, terutama jika Anda mendapatkan tanah tersebut melalui pewarisan atau pemberian hak, konversi, penggabungan bidang, atau pemisahan. Tanah-tanah yang didapatkan dengan cara-cara tersebut biasanya sangatlah rentan dengan konflik atau sengketa. Tidak hanya sertifikat persyaratan gedung atau IMB saja yang harus Anda pikirkan, SHM juga merupakan sertifikat vital yang harus Anda urus secepatnya. Maka, jika Anda memiliki tanah yang belum didaftarkan dan belum disertifikasi secara resmi, segera hubungi kami untuk mendapatkan jasa pengurusan sertifikat tanah mulai dari pengurusan di Badan Pertanahan Nasional hingga pengurusan pajak untuk tanah Anda.

46 Comments » for Layanan Kami
  1. Aristya says:

    Mohon informasi untuk pengurusan sertifikat tanah seluas 150 m2. dimana saat ini hanya mempunya SIP ( Surat Ijin Penempatan).
    Apa saja yang diperlukan dan berapa biaya yang diperlukan untuk sampai dengan menerima sertifikat tanah tsb ?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • SUKOCO says:

      yang diperlukan utk pembuatan sertifikat adalah : AJB/Akte Jual Beli. Mengenai bea pembuatan Sertifikat Pertama harus dihitung dari NJOP/Nilai Jual Obyek Pajak yang tercantum dalam SPPT atau PBB 1m3 =…..? Jadi kalau hanya Surat Ijin Penempatan. Mesti dibuatkan Akte Jual Beli.

  2. syifa says:

    Pak sukoco mau menanyakan alamat email bapak sukoco dan no.telp..silakan reply ke fauziahsyifa13@gmail.com. Saya mau konsultasi untuk tanah waris masih girik yg giriknya hilang.
    Terimakasih

  3. intan says:

    Mau tanya pak..utk biaya blanko sertifikat tanah dgn luas 1127m2 itu dikenakan biaya brp ya.makasih

  4. Donald says:

    mohon tanya apa benar perlu ada penggantian blanko sertifikat, untuk mengurus KPR, setelah adanya penggantian luas tanah karena pelebaran kali.

    Saya sudah menyetujui pelebaran kali, dan menyerahkan SHM saya 3 tahun silam. sekarang setelah membayar orang2 kelurahan, saya telah berhasil menebus SHM saya balik, dengan catatan dari BPN: Perubahan Data Fisik Luas Tanah. yang mencatat pelebaran tsb.

    Ketika saya ke Notaris untuk pengikatan KPR, saya diminta mengganti blanko (berserta mengukur ulang lahan) sebelum sertifikat bisa dipakai untuk pengikatan KPR. apa benar? berapa harganya. Apa bisa dibantu?

    Donald

    • SUKOCO says:

      kalau bea penggantian blanko menurut saya tdk ada, klu bea administrasi BPN ada, itupun beanya relatif murah. Klau bea ukur memamng ada tpi beayanya sdh di akumulasikan kedalam bea administrasi BPN. { Tapi biasanya dan sdh menjadi kebiasaan, ketika petugas ukur datang melakukan pengukuran, kita memberikan tip atau uang transport ].

  5. wahyu says:

    saya wahyu di jogja
    Mau tanya pak,,ayah saya masih hidup,dia ingin membagikan tanahnya untuk ke 5 orang anknya,,kira-kira berapa biaya kepengurusannya y pak??
    trus proses dari awalnya bagaimana??

    • SUKOCO says:

      Proses awal : Ke 5 anak tsb masing2 membuat Akte Waris/Akte Hibah di Ktr. Desa/Kelurahan setempat. Mengenai beayanya dihitung berdasarkan NJOP/Nilai Jual Obyek Pajak yg tercantum dalam SPPT/PBB per m2 =……? dikalikan luas tanah yg ada di PBB =…….m2? kemudian dikalikan 5% = Rp…….?

  6. Bunda Azka says:

    selamat pagi pak, saya mw tanya untuk proses pembuatan SHM dan IMB untuk tanah/rumah waris (tdk ada surat waris atau wasiat, hanya dr lisan saja) yang hanya memiliki AJB saja bagaimana ? terima kasih

    • SUKOCO says:

      Kalau anda sdh memiliki AJB bisa langsung di urus / proses SHM di Ktr BPN setempat. Kemudian Mengenai IMB dgn AJB saja Sdh bisa melakukan pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan/IMB. [ Bisa diurus melalui Ktr Kecamatan setempat.]

  7. PAGI PAK
    saya mau numpang tanya pak, orang tua saya mau beli tanah beserta bangunan rumah diatasnya, akan tetapi kata si penjual suratnya itu masih surat lama, saya tidak tahu suratnya girik atau semacanya, apa yang saya harus lakukan untuk memastikan tanah tersebut sengeketa atau tidak ? apa saya harus ke RT/RW atau kelurahan atau kantor camat ?
    dan bagaimana cara pembayarannya jika org tua saya psti membelinya ? mohon prosedurnya pak ?
    atau saya jika mau membelinya harus ke RT dlu minta buatkan AJB atau bagaimana ? TERIMA KASIH

    • SUKOCO says:

      Yang harus anda lakukan ialah : Menanyakan langsung hal tsb kepada Sekretaris Kelurahan setempat, sekaligus utk melakukan pembuatan AJB.
      Mengenai cara pembayrannya jika AJB sdh jadi baru dilakukan pelunasan [ Karena dalam hal ini Sipenjual dikenakan Pajak Penjual / SSP dan Sipembeli dikenakan BPHTB / Pajak pembelian.] Dan jika hal ini tidak dipenuhi oleh masing2 wajib Pajak AJB tdk akan bisa dikeluarkan.

  8. muhamad mas'ud says:

    aslmkm pak mau tanya kalo pembuatan akte hibah dari orang tua ke anak sampai jadi sertifikat hibah kira kira biayanya berapa yah pak?terus kalo untuk pengukuran dari orang BPN kira kira biayanya berapa?

    • SUKOCO says:

      Wlkm Salam. Untuk mengetahui berapa beaya pembuatan sertifikat, harus dihitung dari NJOP yg tercantum dalam SPPT/PBB =Rp…….? dari sini baru bisa diketahui berapa dana yg dibutuhkan
      untuk pembuatan sertifikat.

    • SUKOCO says:

      Wlkm slm. Kalau beaya pembuatan Akte Hibah/Waris, cukup beaya adminitrasi di kelurahan & Kecamatan. Besaran beayany bisa ditanyakan lsg di ktr kecamatan/kelurahan setempat. Kemudian BPHTB, besaran beayanya harus dihitung dari NJOP yg tercantum dalam SPPT/PBB = Rp……..? [Dari sini baru bisa diketahui berapa beaya yg diperlukan utk pembuatan sertifikat.
      Beaya pengukuran tidak ada [ Ketika kita memasukan berkas ke BPN dikenakan beaya administrasi kisaran Rp.2.200.000 ini sdh termasuk beaya pengukuran tanah].

  9. puji says:

    Sore Pak, sy mau tanya, apakah sawah bisa dibeli dan disertifikatkan untuk orang di luar kabupaten lokasi sawah tersebut? terimakasih

  10. Christian says:

    Selamat Pagi P’Sukoco,,, saya beli tanah 12 juta Rp. ( Ls.tnh 2000 m2 ) saya mau tanya brp. Biaya resmi buat AJB. Dengan luas tanah 2.000 m2. NJOP Rp.10.000. (sppt penjual). Apakah ada biaya Adm dan lain2 .? Karna pihak kelurahan mematok total rincian 2.400.000,- ( hanya untuk buat AJB) ??? Jika penjelasan Bpk.Sukoco hanya 10% dari nilai transaksi, Mk ada yg tidak wajar biaya yg d sampaikan pihak kelurahan ,,,, Mohon penjelasannya. Terima kasih atas pencerahannya.

  11. idhor says:

    as-kum pak sukoco
    saya mau beli tanah di surabaya petok d tapi tanah ini bekas yasan atau perjuangan.
    1.apa tanah ini bisa di sertifikat ( shm )
    2.ajb_nya yg wajib mengeluarkan lurah apa camat
    3.langkah2 apa yg harus saya lakukan.

    mohon pencerahannya

  12. dim says:

    Bapak mohon dapat dibantu untuk perhitungan keseluruhan biaya notaris (ajb,bbn,pajak,HT) untuk pemelian rumah saya di perumahan dengan luas tanah 144m2, type rumah 40 harga jual nya 175 jt. dengan harga tanah 700.000/m2

  13. Sonny Leonardi says:

    Mohon Informasinya Pak, saya akan buat AJB untuk ukuran 90m2 di daerah Kedoya selatan, Jakarta Barat. Apa bias di bantu untuk pengurusannya?

  14. andre says:

    Pak saya punya tanah petok seluas 360m2 ingin saya pecah menjadi 3 dan saya jadikan SHM .
    apa yg harus saya lakukan : apakah saya memecah dulu petoknya atau jadikan SHM dulu baru di pecah ?

    apa yg harus saya lakukan supaya bisa menjual tanah saya selagi proses SHM dengan cepat ?

    berapa biaya total pengurusan SHM tanah saya yg pecah 3 ?

  15. leny says:

    pak mo nanya, klo sudah ada ajb, tapi girik hilang apakah bisa diproses untuk pembuatan shm?

    mohon petunjuk. terima kasih

  16. Fiet Poer says:

    Selamat pagi Pak, saya ada permasalahan sedikit dalam pengurusan PBB untuk pembuatan sertipikat tanah dan bangunan, mohon tanggapan Bapak. Rinciannya sbb.:

    Bapak AAA (saat ini masih hidup) memiliki tanah GIRIK seluas 4.500 M persegi di Daerah Jakarta Timur , dimana 300 m tanah tersebut dibangun rumah dan ditempati sendiri, sebagian lagi dijual perkavling. Pada April 2004 saya membeli sebidang tanah seluas 200 M dari Bapak AAA tersebut (Ada AJB dari Notaris/PPAT), kemudian saya bangun rumah dan tinggal disana hingga saat ini. Karena kesibukan pekerjaan dan karena kelalaian serta kealpaan kami lupa untuk memisahkan PBB tanah dan rumah tersebut, dan sebelumnya PBB digabung ke induk tanah. Pada 2013 kami berniat untuk membuat PBB sendiri dan mengurus dan melengkapi segala surat-surat yang dibutuhkan dan mengajukan pengurusan PBB ke Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Jakarta Timur. Dari hasil perhitungan UPPD tersebut maka kami dikenakan beban pajak yang sangat besar yaitu Rp.45 juta, dan setelah kami lihat rinciannya maka kami dikenakan pajak 10 tahun bukan dari 200 M tanah yang kami miliki saja tapi dari 4.500 M tanah yang dimiliki oleh Bapak AAA tersebut, padahal kami sudah melampirkan PBB Bapak AAA dan PBB para tetangga yang juga membeli tanah dari Bapak AAA tersebut. Karena kami dibebankan pajak yang bukan menjadi kewajiban kami maka pembuatan PBB tersebut tertunda sampai saat ini, karena pihak UPPD tetap ngotot kami harus membayar sebesar itu baru surat pajak diberikan.

    Demikian permasalahan kami Pak, mohon masukan dari Bapak
    bagaimana sebenarnya proses pengurusan dan pembebanan PBB, karena gara-gara hal ini kami mau mengurus sertipikat juga jadi terhambat.

    Terima kasih banyak atas tanggapan Bapak.

  17. A.Supriyanto says:

    Selamat Sore Pak Sukoco,

    Saya mau bertanya bagaimana tata cara untuk balik nama AJB serta perhitungan biayanya, dan bagaimana jika ukuran tanah tidak sesuai dengan yang tertera di AJB. Lokasi tanah yang saya beli ada di Bekasi – Jatimakmur. Ukuran luas tanah yang tertera di AJB lebih kecil dibanding ukuran sebenarnya.

    Ukuran di AJB = 165 m2 dan ukuran sebenarnya : 175 m2

    Jika harus membuat AJB baru bagaimana prosesnya serta perhitungan biayanya.

    Demikian Pak, mohon bantuan dan informasinya.

    Terimakasih banyak atas bantuannya.

  18. cholik says:

    Pak sukoco saya ingin menanyakan bagaimana proses untuk mengurus girik/surat tanah (bukan sertifikat) yang hilang??
    apakah biaya nya sama seperti membuat surat tanah yang baru lagi? mohon bantuannya..terima kasih

  19. ari says:

    Pak kalau untuk pengurusan sertivikat dari 3 buah akte jual beli berapa biayanya ?

  20. joko says:

    20 tahun yg lalu ayah saya pernah beli tanah tapi disertifikasi atas nama paman saya,lha sekarang kalo mau saya ganti pake nama saya gimana pak?

  21. joko says:

    kalo paman saya menghibahkan tanahnya kepada ayah saya yg merupakan kakak kandungnya,apakah kedua pihak terkena pajak 5% seperti pajak jual beli biasa?

  22. abdul rouf says:

    pak mau tanya apa bedanya sih ajb dan ijb itu

  23. Gunawan says:

    saya memiliki tanah di Bekasi utara tepatnya di Ds. Setia asih Kec. Tarumajaya, saya mau nanya untuk pengurusan AJB ke SHM dengan Luas Tanah 63 Meter persegi dengan NJOP PBB Rp.200.000,- per meter persegi, yang awalnya tanah kavling dan sudah lunas beberapa tahun lalu,dan saya memegang AJB yang saya pegang sudah beberapa tahun lalu.

    Pertanyaan saya : berapa kira2 biaya pengurusannya ? dan apakah AJB yang sudah jadi bertahun-tahun dan tidak langsung di urus SHM akan menjadi kendala atau tidak pak? dan alamat kantor bapak dimana kalau saya berminat mengurus SHM lewat bapak?trmksh

  24. ozie says:

    tolong info donk…saya beli tanah di daerah parung seluas 200 m tetpai dalam ajb nya 400m,klo kita mau pisah dan langsung buat sertivikat cara dan biayanya brpa?makasih sblmnya

  25. chairil says:

    Pak, saya dapat info sbb:
    Persyaratan agunan KPR BTN adalah sertifikat minimal HGB. Bila masih AJB diperbolehkan mengurus proses kredit, namun saat realisasi kredit, sertifikatnya harus sudah selesai atau masih dalam proses penyelesaian di BPN.

    Nanya, kalau urus ajb ke BPN kira2 brp lama dan brp biayanya krn saya rencana mau ajukan kpr, trims

  26. ummu haikal says:

    mhn info mengenai rumah dinas di lingkungan departemen, selama ini orangtua selama bekerja membayar sewa, pasang dan membayar instalasi listrik, air dan telp sendiri. PBB jg atas nama sendiri. sbg tambahan ortu pensiunan pegawai gol IIIb. Saya tau ada akses utk pengurusan kepemiikan rumah. Bgmn caranya? brp besar biaya yg dibutuhkan?

  27. siang pak saya mau tanya bagai mana kalau kita mau buat sertifikat tanah tetapi hanya ada dasar PBB saja dgn luas tanah 200m dan mau di pecah jadi dua pak mohon sarannya

  28. Tri Ramawaty says:

    Yth. Pak Sukoco,
    Apa betul MODEL D (TANDA BUKTI HAK MILIK ATAS TANAH) harus diperbaharui? Bagaimana caranya? Berapa biayanya?
    Terima kasih banayk atas perhatiannya.

  29. fabianto says:

    Mau tanya bagaimana cara menghitung klo mau beli tanah+rumah dgn luas 240m2, surat2 yg dimiliki hanya ajb, mau dijadikan sirat resmi, daerah tangerang

  30. HERIYANTO says:

    mohon pencerahan,,,awal mula tanah (rumah) yang saya miliki sekarang….. awalnya milik Bpk Susilo yang masih berupa tanah yang kemudian di jual kepada Ibu Endang berdasar surat keterangan petok D no 33 persil 22..luas 147 m2 ,,,kemudian Ibu Endang menjual tanah tersebut kepada ibu SULIANA th 2002. berdasar surat perjanjian jual beli di kantor desa…setelah tanah tersebut dibangun rumah oleh Ibu suliana ,,beliau menjualnya kepada saya pada th 2008 . dibawah tangan (hanya kwitansi saja). sebenarnya saya ingin memiliki surat perjanjian jual beli,,,,,tapi Ibu Suliana sulit di temui karena pindah entah kemana,,jadi sekarang saya hanya miliki surat pernyataan tanah petok D a/n bpk susilo yang tanahnya di jual ke Ibu ENDANG,,, perjanjian jual beli Ibu Endang ke Ibu suliana dan kwitansi bukti pembelian saya dari Ibu Suliana…apa langkah pertama saya ….TERIMA KASIH ATAS SARANNYA.

  31. liem sugianto says:

    tolong minta alamat kantor bapak

  32. ronald says:

    Lihat emaIL SAYA pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kontak Kami
Nama: Sukoco
Telp: 081345674702
Email: csukoco@gmail.com
Layanan Online
Artikel Terbaru
Kalender
December 2017
MTWTFSS
« Aug  
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Target Kami

customer-satisfaction-300x202